BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 14 Mei 2009

Kopi dan Rokok



Secangkir kopi, sebatang rokok…….wah…..enak tenaaaan, itulah kenyataan yang terjadi dalam diri orang2 yang memang hoby banget sama rokok dan kopi. Merokok kalau tidak ngopi seperti suami tanpa istri, kurang komplit, apalagi ada temennya, pisang goreng anget, atau mendoan anget, ya….apa saja yang anget2 mesti enak, orang banyumas bilang lawuh medang. Lho…kok jadi nglantur ya….


Rokok dan kopi memang masih menjadi polemik, ada yang bilang haram, ada yang berpendapat mubah, atau ,maksimum hukumya makruh. Kalangan yang mengharamkan berdalih merusak kesehatan, mudlorothnya lebih banyak dari pada manfaatnya. Yang tidak mengharamkan mengajukan pendapatnya bahwa merokok itu merusak kesehatan adalah baru dugaan semata, belum pasti, karena ada orang merokok ya…sehat2 saja, ada yang tidak merokok malah jantungen, malah ada yang merasa rokok itu wajib baginya, karena kalau tidak merokok badannya menjadi lemah pikirannya kurang cling…


Lha…….terus kepriwe kiye (orang banyumas nih). Saya jadi ingat pepatah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, dalam bahasa jepang juga ada tuh..十人十色 (juu nin to iro) artinya sepuluh orang sepuluh warna, bahasa banyumase liya uwong liya gundule he….he….pokoknya masing2 orang itu lain-lain, selera lain, hoby lain, nasibnya lain, cita-citanya juga lain2.


Saling menghargai, saling nguwongke, saling menghormati, tepo seliro, itu kuncinya…ini yang harus menjadi pegangan kita apabila kita ingin kehidupan bermasyarakat kita harmonis dan bahagia. Sing ora ngrokok ya, jangan menjelekkan yang merokok, sing ngrokok ya..aja perek2 sing ora ngrokok. Nek kabeh ora merokok banyak pengangguran, lha..piye wong pabrik rokok podo bangrut, negara banyak kehilangan pemasukan, para dokter ya…kurang pendapatannya, ngono wae kok repot….kata KH. Abdurochman Wahid.


Suatu sore saya lagi ngopi di perusahaan tempat saya bekerja dan saya ambil foto secangkir kopi dan sebatang rokok sebelum saya sruput…ee…lha…sehari berselang pas saya ngaji..guru gaji saya mengeluarkan kitab terjemahaan karangan assyaikh Ikhsan Jampes alKadiri, yang judule Kopi dan Rokok…jan pas banget, maka saya posting tulisan ini…semoga bermanfaat.



0 komentar: